Pertanyaan-Jawaban tentang seputaran dalam Memelihara Sugar Glider menurut pengalaman Pribadi



Sebelumnya saya tekankan dulu bahwa SAYA BUKANLAH Master yang mengetahui seluk beluk pemeliharaan Sugar Glider (SG) ataupun dokter SG. Saya hanya orang biasa atau penghobi SG biasa, Tapi saya juga ingin sedikit berbagi pengalaman dengan merangkum sedikit pertanyaan-jawaban seputaran memelihara sugar glider menurut pengalaman saya sendiri.
Mungkin ada yang setuju ataupun tidak setuju, Ada yang mau menerima saran saya ataupun tidak mau menerima, semua saya kembalikan kepada penilaian pribadi masing-masing.

(?) = Soal, (J) = Jawaban

Pertanyaan 1:
(?) = Bagaimana menjinakkan SG yg galak/liar.?
(J) = SG menjadi galak/liar itu dikarenakan SG Itu ketakutan atau mempunyai trauma atau kurangnya interaksi dengan manusia.
Kalau anda ingin menjinakkan SG yg galak/liar, anda harus mempunyai sifat kesabaran yg tinggi, keberanian yg kuat, & keuletan dalam merawat SGnya. Jadi sering-seringlah berinteraksi salah satunya dengan cara BERANI memegang dan memberinya makan dengan cara handfeed. Mungkin anda akan diserang seperti dicakar & digigit, walau butuh waktu yang mungkin cukup lama dalam prosesnya tapi lama kelamaan sifat SG tersebut akan melunak & tidak akan merasa terancam lagi terhadap anda jikalau anda sendiri saja sudah tidak takut lagi memegang SG galak/liar. Saya sarankan untuk proses ini lebih baik dilakukan didalam ruangan yang tertutup tapi tetap masih mempunyai sirkulari udara yang baik.
Tapi, Kalau anda tipe orang yang tidak sabaran & tidak berani memegang SG yang galak/liar, saya sarankan lebih baik membeli SG yg jinak & kalem saja sejak joey.

Pertanyaan 2:
(?) = Apakah SG masih bisa menghasilkan keturunan & Bolehkah mengawinkan SG yang sedarah?
(J) = Selama yang kawin itu antara jantan & betina, SG masih tetap bisa memungkinkan untuk menghasilkan keturunan walaupun itu hasil dari kawin sedarah. Tapi Saya sendiri menyarankan untuk Tidak mengawinkan SG yang sedarah. Tetapi walaupun anda ingin mengawinkan sedarah juga, saya juga tidak melarang. Semua kembali juga ke diri nurani masing-masing ownernya.

Pertanyaan 3:
(?) = Apakah dari jenis sepasang Grey normal bisa menghasilkan jenis Morph seperti Albino dll?
(J) = BISA.. cara agar sepasang jenis Grey normal  bisa menghasilkan jenis Morph adalah dengan mengumpulkan hasil penjualan joey dari hasil SG tersebut sampai uangnya terkumpul untuk cukup membeli SG Morph. Saran saya agar cepat mendapatkan Morph, jangan peliara sepasang saja, tapi berpuluh-puluh grey agar hasil yang didapat juga lebih akan cepat terkumpul.

Pertanyaan 4:
(?) = Bagaimana membuat SG agar Obes?
(J) = Dengan diberi makan & dimanja. Yang mengetahui apa makanan kesukaan SGnya adalah ownernya sendiri.

Pertanyaan 5:
(?) = Kenapa SG nafsu makannya tiba-tiba sedikit?
(J) = Ada beberapa faktor, jika SG anda sedikit makan & terlihat lemah lesu tak ada bertenaga kemungkinan SG anda sedang sakit & perlu penanganan secepatnya.
Jika SG anda sedikit makan tapi tetap terlihat sehat segar & aktif kemungkinan anda saja yang terlalu memberikan porsi makan yang kebanyakan. Saran saya pasang saja cctv agar anda dapat mengawasi pola makan sg anda selama 24jam.

Pertanyaan 6:
(?) = Ada 2 ekor SG betina & 1 ekor SG jantan didalam satu kandang, apakah harus dipisah jika salah satunya ada yang IP?
(J) = Jika anda merasa yakin bahwa SG anda selama ini akur-akur saja lebih baik tidak usah dipisah karena akan menghemat biaya tambahan kandang & pangan.
Tetapi kalau anda tidak yakin atau ternyata pernah kejadian sebelumnya di riject, lebih baik yang IP saja dipisah tersendiri.

Pertanyaan 7:
(?) = Berapa lama Usia SG untuk hidup & Masa produktif SG sampai berapa tahun?
(J) = Batas Usia adalah rahasia Allah. Saya pribadi tidak mengetahui secara pasti batas rata-rata usia hidup SG atau pun batas usia produktifnya dari SG karena sampai tulisan ini dibuat saya baru 3,5 tahun memelihara SG & sampai saat ini SG saya masih produktif untuk menghasilkan keturunan & juga belum ada SG saya yang mati karena faktor usia atau faktor lainnya.

Pertanyaan 8:
(?) = SG itu bisa gigit ga?
(J) = Sejinak-jinaknya SG walau dipelihara sejak masih joey pun 100% saya jamin SG itu suatu saat akan menggigit ownernya ataupun yang lainnya. Gigitannya bisa saja akan menimbulkan luka. Saya tidak menakuti tapi itulah faktanya. Kalau ada yang bilang SGnya "Tidak" pernah menggigit, itu cuma "Belum" waktunya saja akan digigit.
Saran saya, walau SG bisa menggigit sampai menimbulkan luka, anda sebaik jangan takut dengan gigitannya itu. Nikmati saja sensasi sakitnya. Belum pernah ada kasus orang yang meninggal atau amputasi karena digigit SG.

Pertanyaan 9:
(?) = Bagaimana membersihkan & membuat bulu SG dewasa yang sudah telanjur terlihat kotor menguning agar bulunya terlihat lebih cerah lagi seperti bulu joey pada umumnya?
(J) = Saya tidak tau. Tapi mungkin antisipasinya agar tidak terjadi dengan mencuci pouch tidur & membersihkan kandangnya setiap hari.
Saran saya, lebih baik memperhatikan Kesehatan SGnya saja daripada mempermasalahkan tentang perubahan warna bulu SG.

Pertanyaan 10:
(?) = Bagaimana cara untuk memilih SG yang baik?
(J) = Sebenarnya tidak ada cara yang terlalu khusus untuk memilih SG, semua tergantung naluri diri sendiri.
Saran saya saat anda ingin membeli SG, lebih baik langsung pegang sendiri SGnya dulu & rasakan bagaimana sifat SGnya tersebut saat anda sendiri yang menyentuhnya. Apakah SGnya kalem enteng atau SGnya tiba-tiba jadi pecicilan kayak ngajak berantem. Untuk pemula, Jangan terlalu memaksa membeli yang terlalu galak/liar jika anda sendiri memang tidak yakin atau masih ragu bahkan takut memegang SG tersebut. Tapi jika anda sendiri merasa semua terasa baik-baik, nyaman, & aman saja, tinggal sesuaikan saja dengan budget yang anda punya.

-------------

Mungkin itu dulu yang bisa saya rangkum, kalau pun ada yang masih mau ditanyakan lagi, saya sarankan lebih baik silahkan saja langsung datang ke komunitas SG dikota anda atau Grup facebook yang membahas tentang pemeliharaan atau tempat eksis sesama penghobi Sugar Glider agar penjelasannya bisa lebih detail. Karena kalau anda bertanya kepada saya, saya hanya menjawab sebatas pengalaman saya memelihara SG sebagai Penghobi SG biasa. Terimakasih.

Miftahurrizqi, M.Kom.

Komentar

  1. Sg saya udah jinak tapi sama saya masih kabur" an gitu? Dan suka gigit" baju

    BalasHapus
  2. Malam kak, saya mau tanya. Jadi sg aku itu umurnya sekitar 3 bulan an, dan selama itu masih diberi bubur bayi sun. Dan beberapa minggu ini lagi coba dikasih ulat hongkong. Tapi skrg malah mereka gapengen makan yang lain selain ulat hongkong. Bubur bayi pun gak dimakan😭😭, sedangkan katanya ulat hongkong juga tidak bisa diberikan setiap hari:(

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Menghandle, Bermain, dan Melatih Sugar Glider Agar Lebih Bonding.

Tips Menternakkan Sugar Glider

Resiko Memelihara Sugar Glider untuk Pemula.