Tips Cara Menghandle, Bermain, dan Melatih Sugar Glider Agar Lebih Bonding.


Sebelum saya memulai tipsnya, saya tekankan bahwa tips ini mungkin hanya cocok untuk SG yang awalnya sudah jinak atau semi jinak CB. Untuk cara menjinakkan SG liar atau WC, silahkan liat di artikel blog lainnya soalnya sudah banyak dijelaskan. Hehe.. :D

1. Pemberian Makan Handfeed.
Biasakan lebih sering memberi makan secara handfeed agar SG mengenal bahwa tangan manusia tidak untuk menyakiti.
Caranya, colek makanan dengan jari lalu dengan posisi kuku dibawah, sodorkan jari anda ke SG, biarkan SGnya menjilat-jilat tangan anda.
Mungkin kebanyakan ada SG yang awalnya masih takut & akan crabing, tapi setelah lama kelaman SG akan cepat terbiasa.
Pemberian makan secara handfeed


2. Menidurkan SG di Tangan atau di Tubuh.
Cara ini lebih efektif diajarkan sejak SG masih Joey, karena kalo sejak joey sudah terbiasa, maka kebiasaan tersebut akan terus dibawa sampai dewasa.
SG yang sudah terlanjur dewasa juga bisa diajarkan tapi mungkin akan sedikit susah. Tujuannya agar SG cepat hapal dengan aroma anda.
Caranya, bisa dengan kekep SG anda secara langsung dengan kedua tangan, atau saat SG tertidur di dalam pouch, perlahan angkat SG anda tanpa ada gerakan mendadak yang bisa membuat SG kaget atau terbangun. Saat SG anda tertidur ditangan atau ditubuh, elus-elus SG anda secara lembut agar SG anda makin tambah merasa nyaman. Bisa juga saat SG tidur beri makan SG anda dengan cara handfeed, karena ada sebagian SG bisa makan sambil tidur loh.


 


3. Biarkan SG Bermain di Tubuh atau di Ruangan Anda.
Sesekali lepaslah SG anda dikamar agar mengenalkan bau serta ruangan anda & agar mengurangi stress pada SG anda karena selalu di kandang terus, tapi tetap masih harus dibawah pengawasan agar SG anda tidak kabur keluar atau masuk ke dalam kolong-kolong yang tidak anda inginkan.
Caranya, tinggal keluarkan SG anda dari dalam kandang. Kalo SG anda masih pecicilan suka kabur dari anda segera tangkap & selalu dekatkan diri ke SG anda.
 



4. Ajak main SG anda ketanah lapang, taman, atau halaman.
Saat di alam luar, kita dapat mengajarkan beberapa trik seperti melompat dari pohon atau mengejar kita. Tapi INGAT, karakter SG bermacam-macam, tak semua SG bisa cepat patuh jadi menghadapinya kita juga harus bersabar & tekun melatihnya. 
Berdasarkan pengalaman saya, lebih baik melatih SG untuk mengejar kita sejak dari joey agar saat dewasa kebiasaan tersebut akan tetap terus melekat.
Caranya, untuk mengajarkan SG supaya mau mengejar kita itu pertama harus cari tempat yg luas Tanpa ada benda yang lebih tinggi daripada anda. Saat di tengah lapangan itu taruh SGnya di bawah lalu sodorkan tangan anda sambil panggil namanya, SG anda Insyaallah akan mulai mendekati lalu naik ketangan anda. setelah itu ulang lagi tapi saat SGnya mulai mendekat usahain mundur lebih cepat sedikit agar SG anda mengejar & tak langsung naik ke tangan.


Video Sugar Glider mulai mengikuti tuannya.


Video kejar-kejaran bersama sugar glider saya.

Video sugar glider mulai mendekati saya.




Untuk melatih SG meloncat dari pohon ke kita itu harus dilakukan secara bertahap. Pertama taruh SG di pohon yang tak terlalu tinggi & masih didalam jangkauan anda, biarkan SG anda menjelajahi pohon tersebut, dekatkan diri anda ke pohon sambil panggil namanya kemudian biarkan dia meloncat kearah anda. Pada tahap ini butuh ekstra kesabaran karena tak semua SG mau menuruti panggilan ownernya. Tapi menurut pengalaman saya, semakin sering kita lakukan, semakin SG kita mengerti apa yang kita inginkan.

Video sugar glider meloncat ke arah tuannya


Video sugar glider lompat dari pohon ke tuannya.



5. Potong Kuku SG Secara Berkala.
Memotong kuku SG dianjurkan saat kuku SG mulai panjang & mengganggu aktifitas antara anda & SG anda saat bermain bersama. Minimal dilakukan sekali dalam seminggu.
Jika anda ingin memotong kuku SG anda, akan lebih mudah jika anda memerlukan seseorang lagi untuk membantu. Tapi anda boleh mencobanya sendiri tanpa batuan jika SG anda sudah bonding, karena prosesnya akan lebih mudah.
Caranya, pertama coba lihat dekat-dekat kuku SG anda, akan ada terlihat seperti daging, jangan sampai terpotong daging tersebut, jika terpotong akan membuat SG berdarah & merasa kesakitan, potong bagian yang ujung tajamnya sedikit. Agar lebih mudah prosesnya, buat SG ke dalam pouch kemudian kekep, lalu tarik kaki-kaki SG secara perlahan sambil tetap di kekep pouch, lalu secara cepat & akurat, potong kuku SG anda.
Berikut gambaran potong kuku SG dari Suggiesblues.



Komentar

  1. wah boleh dicoba tipsnya nih.. thanks

    BalasHapus
  2. Gue masih berjuang nih. SG gue kisaran 5 bulan dan katanya mesti sabar buat bikin dia kenal.

    BalasHapus
  3. Gue masih berjuang nih. SG gue kisaran 5 bulan dan katanya mesti sabar buat bikin dia kenal.

    BalasHapus
  4. SG saya masih suka gigit n crabbing euy...padahal handfeed tiap hari....

    BalasHapus
  5. Bisa dicoba nih mau latih yg jump to owner hehe
    Makasih tipsnya

    BalasHapus
  6. Gue nyoba motong kuku nya kaya yang di gambar malah bedarah kuku nye -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau motong kuku sg jangan dalam dalam nantik kenak quick nya pas berdarah dan kuku nya akan merah

      Hapus
    2. Kalau motong kuku sg jangan dalam dalam nantik kenak quick nya pas berdarah dan kuku nya akan merah

      Hapus
  7. Gue nyoba motong kuku nya kaya yang di gambar malah bedarah kuku nye -_-

    BalasHapus
  8. makasihya udah kasih infonya jadi tamba tau cara menjinakkan sg

    BalasHapus
  9. Mass mau nanya nih kalo jinakin sg yang jumpy gimana yaa?

    BalasHapus
  10. Mas sg saya masi joey umur 2 - 3 bulan masih crabing gimana mas?

    BalasHapus
  11. Emnk hrus sabar kaya ngerawat bayiii

    BalasHapus
  12. Sugar gliderku suka gigit jilat gigit jilat -_- lah dikira makanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengenalan itu namanya gan. nanti lama kelamaan juga gak gigit. joey ane juga gitu kok

      Hapus
  13. saya punya SG kisaran umur 1,5 bln, baru saya beli masih crabbing & gigit kalau di sodorkan jari. hal yang paling tepat yang harus saya lakukan bagaimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah bisa makan sendiri joeynya? kalo bisa sg nya taro dipouch. terus handfeed aja gan. sambil mainin sg nya didalem pouch. kalo dia gigit2 biarin aja. gigit kepo kayak kucing aja

      Hapus
  14. Kadang sg saya selalu belajar melompat dan terjatuh ke lantai apakah tidak masalah bagi mereka??
    *terjatuh dari ketinggian 1/2 pintu

    BalasHapus
  15. Sg saya sepertinya tidak tahu dengan namanya karna pas saya panggil dia tidak mau mendekat apakah ad saran untuk mengajarinya mengenali nama??usianya kira kira 3-5 bulan

    BalasHapus
  16. Bner g kalo udh pup dan pipis d badan kita brrti dia udh kenal kita??
    kalo d taro di tangn ga mau diem ,pasti lari2n mulu,keculi kalo udh ngantuk bru dia diem d tangan ,,
    Kaya gtu udh bisa d bilang jinak belom??'
    Saya pemula,SG umur 1,5 bln

    BalasHapus
  17. Min saya mw tanya, knp ya setiap dia maen sama saya dia slalu kencing di tangan / pundak saya??

    BalasHapus
  18. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  19. terimakasih infonya akan saya coba

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Menternakkan Sugar Glider

Resiko Memelihara Sugar Glider untuk Pemula.