Tips Menternakkan Sugar Glider


Hal-Hal yang diperlukan untuk menternakkan SG:
  1. Kandang. 
  2. Tempat makan, minum, pouch.
  3. Koloni Sugar Glider, Minimal sepasang atau 1 Jantan 2 Betina dalam satu kandang. Umur SG ideal untuk di ternakkan minimal jantan usia 4 bulan dengan tanda ada pitak dikepala & betina usia 6 bulan.
  4. Persedian Makanan.
  5. WAKTU.
Peletakan kandang untuk SG ternakan diusahakan lebih baik diletakkan di tempat yang tenang atau tidak terlalu ribut, tempat yang tidak langsung terkena sinar matahari, tempat yang aman dari predator hewan lainnya seperti anjing kucing tikus dll, & tempatkanlah di ruangan yang sejuk atau yang sirkulasi udaranya berjalan lancar.

Berilah makan setiap hari minimal 2 kali sehari pagi-malam agar SG merasa tidak kekurangan makanan. Lebih baik sering dikasih juga makanan yang berprotein tinggi seperti jangkrik atau ulat hongkong karena kebanyakan akhirnya bisa mempercepat memunculkan birahi pada SG.

Menternakkan SG sebenarnya Susah2 Gampang. Untuk yang pernah memelihara SG hanya sekedar hobi sebelumnya & punya cara sendiri dalam perawatannya pasti mungkin tidak akan terlalu mengalami kesulitan.
Yang membuat Gampang, adalah perawatan SG sebenarnya simple, mudah & tak terlalu banyak biaya. Yang membuat Susah adalah, menternakan SG juga membuang banyak waktu, pikiran, & tenaga. 

SG sebenarnya dapat kawin & menghasilkan keturunan 1-4 kali dalam setahun. Tapi, ada sebagian SG tidak setiap waktu dapat kawin & menghasilkan keturunan dengan cepat. Tidak jarang juga, kebanyakan walau SG sudah memasuki usia kawin atau sudah berumur setahun lebih, SG tersebut malah tidak menunjukkan tanda2 akan menghasilkan keturunan untuk pertama kalinya. 
Banyak faktor2 yang membuat SG tidak mau kawin atau tidak menghasilkan keturunan walau sudah di beri pasangan. Beberapanya mungkin karena usia mereka memang belum memasuki masa kawin, mereka memang tidak cocok satu sama lainnya karena kebanyakan SG mempunyai karakter pemilih pasangan, lingkungan sekitar mereka tidak nyaman atau tidak aman, persedian makanan sedikit atau sering diberi makan seadanya, SGnya sakit atau stres, dll.
Oleh karena itu, untuk menanggulangi & mengantisipasi masalah tersebut, kita harus benar2 mengenal karakter SG kita masing agar kita akhirnya dapat merawatnya tepat dengan penuh kasih sayang & kesabaran. 
Biasanya hal2 sulit itu hanya terjadi saat SG ingin mengalami kehamilannya pertama, pada saat kehamilan kedua & seterusnya mungkin tidak sesulit saat pertama.

SG Kawin.


Walaupun akhirnya SG kawin & melahirkan, rata2 SG biasanya menghasilkan Joey (anak SG) cuma sebanyak 1-2 ekor untuk sekali melahirkan.
Ciri2 SG yang sudah melahirkan, kantong perut betina akan terlihat membesar. Apabila diraba, awalnya akan terasa seperti ada benjolan seukuran biji kacang kedelai, setelah beberapa minggu lama kelamaan akan membesar. 
Masa2 joey berada di kantong induknya itu biasa di sebut IP (In Pouch) & masa2 itu akan berlangsung selama kurang lebih sampai 2 bulanan.

Sugar Glider IP

SG induk jantan & betina tidak perlu dipisah ketika anda yakin SG betina mempunyai joey di kantongnya (masa2 IP) karena SG jantan juga pasti akan mengasuh anak dari koloninya sendiri. Tapi kalau kita mempunyai lebih dari sepasang dalam satu kandang, lebih baik SG yang IP dipisah saja sendirian untuk lebih amannya.
Saat SG betina IP, Kita harus benar2 pastikan SG tersebut mendapatkan makanan bergizi & banyak protein. Selain itu, kita juga harus memastikan bahwa lingkungan sekitar mereka aman & nyaman sehingga mereka dapat terbebas/terhindar dari stress yg bisa dialami mereka sewaktu2. Karena kemungkinan terburuk SG stres saat IP adalah joey bisa di reject atau di telantarkan oleh induknya sendiri.

Untuk pemberian makan SG indukan yang IP, sama seperti saat memberi makan SG Sehari2 minimal 2 kali sehari cuma porsi lebih baik diberi sedikit lebih banyak & tetap lebih sering juga diberi makan yang mengandung protein tinggi seperti jangkrik atau ulat hongkong agar ASI yg akan dihasilkan juga lebih banyak sehingga pertumbuhan joey juga akan stabil.

Setelah kurang lebih 2 Bulan IP, SG joey akan keluar kantong induknya. Masa2 itu disebut OOP (Out Of Pouch), & saat itulah Umur SG dihitung 0 hari. Saat SG joey keluar kantong induknya, waktu kita malah bahkan banyak akan lebih tersita lagi karena harus mulai memperhatikan perkembangan pertumbuhannya sampai membiasakan joey tersebut dengan sentuhan tangan manusia.
Agar akhirnya Jinak, Kita harus lebih sering berinteraksi dengan joey tersebut sebelumnya sejak dini agar mereka terbiasa dengan manusia sehingga tidak menjadi liar ke depannya.
Bahkan kadang kita harus membesarkan joey itu sendiri apabila joey tersebut ditelantarkan/reject oleh induknya.
Usia Joey yg ideal agar kita bisa berinteraksi atau menyentuhnya disarankan lebih baik saat joey berumur 2-3 minggu setelah OOP, tapi mungkin bisa kurang lagi tergantung kebijakan kita sendiri. 
Untuk saya sendiri, saya biasa mulai menyentuh joey saat baru OOP, tapi tak terlalu lama mungkin hanya sekitar 1-2 menit karena SG yang baru OOP tubuhnya masih rentan.

SG Joey baru OOP

Saat masih Joey, kita tak perlu repot2 memikirkan makanannya karena SG Joey yg masih umur 1 bulanan kurang masih bergantung dengan ASI induknya sehingga lebih baik kita memerhatikan asupan gizi induknya saja.
Joey baru akan buka mata saat berumur 2-3 minggu. Pada saat sudah berumur 1 bulan, joey bisa diajarkan untuk makan bubur bayi, caranya bisa dengan disuapi handfeed dengan bubur yang tak terlalu kental.
Umur joey yang ideal untuk dipisah dengan induknya berumur minimal 1,5-2 bulan setelah sudah minimal 3 minggu SG joey bisa makan sendiri.

Keluarga Sugar Glider

SG umur 1 Bulan

SG umur 1,5 bulanan siap pisah induk & siap adopt.


Saran saya buat yang ingin berniat menternakkan SG,
Untuk pemula, lebih baik coba untuk memelihara minimal sepasang dulu sebagai sekedar hobi agar mengerti & punya cara sendiri dalam memelihara SG koloninya kedepan, walaupun mungkin hasilnya akan lama, tapi setidaknya anda akan banyak belajar dari pengalaman.
Untuk yang hanya "Ingin mencari keuntungan besar & cepat dengan menternakkan SG", lebih baik langsung ternak puluhan ekor atau kalau perlu ratusan ekor agar tiap saat anda akan mendapatkan joey, karena kalau cuma menternakkan sepasang saja anda akan merasakan sendiri lama hasil usaha anda.
Untuk yang ingin hasil ternak SGnya bagus & sehat, rawat & jaga SG anda dengan perhatian & kasih sayang. Banyak orang yg tertarik & terpikat setelah melihat kelucuan SG, tapi tidak mempunyai pengetahuan yang cukup tentang SG.

Oleh karena itu, Breeder yg bertanggung jawab harus dapat memberi informasi yang sesuai & benar kepada adopter tentang SGnya yg akan dilepas, seperti karakter, makanan minuman yang sehat, cara bonding yang benar, masalah kesehatan, dll.

Komentar

  1. keren broo,tips agar sg mudahdi jinakan gimana tuh?sg wc soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bos mau nanya SG saya umur nya baru ada 3 bulanan tpi yang ceweknya keliatan kaya lagi IP apa itu bisa bos mohon jawaban nya bos baru pemula salam pencipta sugar flodeg bos

      Hapus
  2. Good post gan , mau tanya kalo SG sedarah (kakak & adik) bisa di kawinin apa ga ?

    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan bro,klo mau di kawinkan lbh baik yg bkn sedarah/kakak adik. Karena dpt menimbulkan cacat pd joey yg akan dilahirkan

      Hapus
  3. Gw punya dah beranak pinak,minal call 081339619737,area mojokerto jatim

    BalasHapus
  4. Makanan untuk ternak sugar glider. Tinggi protein dan kalsium, praktis, lebih higienis, teruji kandungan nutrisinya. Klik link di bawah ini untuk detailnya

    Makanan untuk ternak sugar glider

    BalasHapus
  5. Maksih banyak bos info nya....

    BalasHapus
  6. Bisa jadi belum cukp umur ato emng gk jodoh punyaq aj 6 bulan baru ngelahirin sjak .baru beli. Dsabarim aj low gk dkoloni cwo 1 cwo 2 ato 3

    BalasHapus
  7. Bisa jadi belum cukp umur ato emng gk jodoh punyaq aj 6 bulan baru ngelahirin sjak .baru beli. Dsabarim aj low gk dkoloni cwo 1 cwo 2 ato 3

    BalasHapus
  8. Gan mau nanyak SG saya kok ngak hamil" yg jantan umur 4 bulan yg betina 6 bln saya gabungkan sudah 2 bulan lebih.....

    BalasHapus
  9. Bro mo tanya, apa pada waktu joey umur 0 hari sudah boleh kita sentuh? Kira2 induk akan membunuh anaknya ga setelah kita sentuh? Thx

    BalasHapus
  10. mantap infonya..saya punya sg jantan 1 dan betina 2..cuma blum keliatan kimpoy aja ya..kenp kira2.pdhal si jantan sudah keliatan pitak di kepalanya..
    pertanyaan ke 2. sg betina saya yang 1 hasil blechingan..apa kah mempengaruhi ke kimpoy si sg atau ke hamilnya?

    BalasHapus
  11. klu sekor sg jantan....boleh tak dikahwinkan dgn 2 atau 3 sg betina dalam satu sangkar

    BalasHapus
  12. klu sekor sg jantan....boleh tak dikahwinkan dgn 2 atau 3 sg betina dalam satu sangkar

    BalasHapus
  13. Bang, ini punya SG jantan umur 6 sama betina umur 4 yang jantan pengin kawin mulu tapi yang betina nolak. Itu gapapa tau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa sg betina lebih tua umur nya dari yg jantan bg,karna sg jantan umur 4 bulan udah bisa birahi,sedang kan sg betina umur 6 bulan baru bisa di kimpoy😂

      Hapus
  14. Bos mau tnya untuk sg berumur 2 thun apa masih bisa ber produksi

    BalasHapus
  15. Bos mau tnya untuk sg berumur 2 thun apa masih bisa ber produksi

    BalasHapus
  16. ada yang surabaya kita join yuk ngawinin punyaku betina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  17. saya punya SG yang lagi hamil. waktu saya mandikan setelah selesai dimandikan baru tau kalau ada anaknya. mungkin sekitar 4 minggu.. apakah anaknya akan mati krn kena air atau di reject sam induknya?

    BalasHapus
  18. Klo sedarah bisa gak sii kawin ?
    Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sedarah bisa si.. Tapi anak nya kemungkinan besar cacat.. Kalau ga induk nya jadi stres tar makan joey nya

      Hapus
  19. Kalo induk nya bisa nga ngawinin anaknya mohon infonya soalnya dapet anak nya betina 2 2nya jadi induk jantanya paling ganteng deh mohon infonya

    BalasHapus
  20. Kalo induk nya bisa nga ngawinin anaknya mohon infonya soalnya dapet anak nya betina 2 2nya jadi induk jantanya paling ganteng deh mohon infonya

    BalasHapus
  21. mau tanya,kan sg sya baru di satukandangin.ko yg betinanya tiba"bau anyir.kalo blh tau apaan ya itu.mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya yg dominan bau itu yg jantan . Tandanya itu birahi . Dan jantan jika kepalanya botak lebih sering berbau . Maka harus rutin mandiinnya

      Hapus
  22. Kak, kalo sg betinanya lebih tua umurnya daripada yang jantan gimana cara kawinannya

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum... Mau tanya2 nih, gua punya SG betina yg udh IP pada saat gua beli, KLO gua campur sama jantan lain gimana yaa, bahaya engga yaa..
    Tapi tetep sepasang jadinya , ya ibarat kata bujang satu kandang sama janda, itu bahaya buat Joey nya GK yaa.?

    BalasHapus
  24. Sg gw kalau di ajarin bonding gigit mulu kenapa ya ?

    BalasHapus
  25. Saya punya 2 jantan 1 betina kali udah punya anak maw di pisah la.ngak

    BalasHapus
  26. Camne ye nak dapat kan sg twin.. Sg sye selalu dapat sekor je anak..

    BalasHapus
  27. Misal kan cowo nya kita pish sama induk nya itu baik engga ya

    BalasHapus
  28. Tips sg biar cepet kawin gimana min? Udah lumayan lama sg dijadiin 1 kandang tp ko gada tanda" kecocokan yaa diantara keduanya,
    Galakan yg cewenya, sampe setres kayanya yg jantan karna tiap baru mau nangkring dicewe, cewenya udah bising kaya gamau gitu.. Hmmm

    BalasHapus
  29. Kalo misal. Kan anak nya masih ber gelayutan/masih nempel sama induk nya apa kah kita perlu Memisah?

    BalasHapus
  30. Gan mau tanya,apa bisa SG jantan lebih tua dari betina dikawinin

    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  31. Gan mau tanya,apa bisa SG jantan lebih tua dari betina dikawinin

    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  32. Gan pejantan saya lebih muda dr betina,apakah bisa berkembang biak dengan baik ya

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Gan gmn ya kalo joey masih umur 17 hari tapi si indukan udh melahirkan lagi . Lebih baik di ppisah atau disatukan ?

    BalasHapus
  35. Saat si Joy sekitar 1 Minggu, terkadang saya kasihan juga melihatnya saat si Bapaknya ikutan tidur bersama. Terkadang terlihat ga tau diri dg menginjak, meninindihin ibunya, dimana si Joy masih nempel sama ibunya. Apa harus dipisah?

    BalasHapus
  36. mohon maaf. permisi. kalau boleh saya bertanya" tentang SG. ceritanya saya punya dua pasang SG (dua indukan) dulu kalau IP sampai OOP pasti keluar 2 anak. nah akir" ini kok 2 periode selalu keluar 1 anak terus. itu terjadi di semua SG saya. hanpir setengah tahun saya pelihara SG. tolong di beri saran agar perkembang biakan SG saya bisa lebih maksimal. pakan apa dan bagai mana cara merawat SG agar joey'nya lebih dari satu.

    BalasHapus
  37. Mas boleh atau tidak sg di kawinkan sg jantannya lebih muda di banding betina???
    Sg jantan=7 bulan
    Sg betina=1 tahun

    BalasHapus
  38. Numpang nanya mas miftah ,,
    Ane dlo punya sg pertama nama nya oxy betina umur4 bulan ...
    Mo dikawinkan ama jantan nama nya simone umur 6 bulan kira" bisa ga ?

    BalasHapus
  39. Cara memisah joy nya kek mana bro. Joy saya 2bln giliran di pisahakan joynya ngamuk gitu penggen kluar kandang

    BalasHapus
  40. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus
  41. Bos, mau tanya..
    Hari ini SG joey pertama sy OOP..
    Tp ortu nya cuek bngt & SG joey nya dibiarkan sendiri trs sambil bunyi di dsr kandang..
    Sy hrs gmn yaa?
    Tiap kali sy naikkan SG joey ke tmpt tdr nya, ngak lama SG joey nya sdh ada di bwh lg..
    Sy bingung hrs gmn?? Mohon pencerahan..

    BalasHapus
  42. Kalok lagi masa biar mau kawin. sG boleh diandiin gak

    BalasHapus
  43. Kalo kawin sama anak tetangga yg baru lulus sma boleh ga om? Minta doa restunya ya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Menghandle, Bermain, dan Melatih Sugar Glider Agar Lebih Bonding.

Resiko Memelihara Sugar Glider untuk Pemula.