Resiko Memelihara Sugar Glider untuk Pemula.


Fenomena Sugar Glider atau biasa yang disingkat SG akhir2 ini mulai meningkat semenjak diliput beberapa stasiun TV lokal & nasional, Takutnya dengan minim pengetahuan tentang SG membuat para "pecinta SG dadak2an" jadi salah langkah tentang penanganan SGnya. Akan lebih baik sebelum memelihara SG, carilah info sebanyak2nya dulu tentang perawatan SG. Banyak artikel2 berguna di dunia maya yang bisa digunakan dalam acuan memelihara SG. Dan disini saya juga akan membantu menjelaskan sedikit tentang SG.

SG adalah hewan sosial & mereka suka beinteraksi, di alam liar SG mereka hidup berkelompok, wilayah penyebarannya adalah sekitar Papua-Australia, jarang ditemukan atau hampir tak pernah ditemukan SG tersebar di alam liar selain disana (Kalaupun ada, kemungkinan besar itu SG peliharaan yang lepas).
Menurut kabar terakhir yang saya dengar, SG di Indonesia sudah masuk Hewan langka kategori Appendix 2, yaitu adalah hewan yang dilindungi di alam liarnya, perburuannya serta penjualannya di batasi & di kontrol apabila diambil langsung dari alam liar. Tapi apabila sudah ditangkarkan, maka keturunan generasi ketiga atau F2-nya boleh dimanfaatkan.
Oleh karena itu, maka SG peliharaan juga sangat butuh interaksi dengan manusia, bukan hanya sekedar dipelihara saja tp juga dirawat, disayang serta dilestarikan.


Jangan hanya melihat SG sebagai binatang lucu, menggemaskan, karena memelihara SG itu sesungguhnya seperti merawat bayi. Mereka sangat suka dimanja, diajak main, & dirawat.
Jadi kalo ingin pelihara SG, tanyakan dulu ke diri sendiri, apakah anda punya waktu luang untuk dihabiskan bersama mereka, kalo tidak mendingan jangan pelihara SG karena masih banyak hewan peliharaan lainnya yg tidak menyita waktu.

SG punya kebiasaan suka Pup & Pee (buang kotoran & kencing) ketika dipegang. Hal itu wajar & kebiasaan ini merupakan salah satu cara menandai wilayah mereka. SG tidak bisa dilatih untuk Pup & Pee di satu tempat. Tapi, kalo anda telaten merawatnya, anda bisa menghapal waktu2 tersering sebelum dia akan pup & pee saat akan mau diajak bermain.

Walaupun SG dikatakan jinak 100%, sebenarnya sejinak2nya SG mereka pasti akan pernah menggigit sewaktu2. Jadi, kalo anda memang sudah niat ingin memelihara SG, anda pasti juga harus siap terima konsuekuensi akan digigit SG.
Tapi, gigitan antara SG yg sudah jinak & yg masih belum jinak sudah pasti terasa beda. SG jinak, menggigit hanya main2, bukan dengan maksud menyerang. Kalo SG yg belum jinak atau belum terbiasa dengan manusia maka gigitannya bermaksud melindungi diri & sangat niat untuk menyerang.
Ingat, SG itu mengigit HANYA saat dia merasa dalam bahaya. Salah satu yang sangat mengagumkan dari SG adalah giginya tidak di desain untuk merobek kulit atau daging. Gigi SG di desain seperti miniature penjepit. Ketika SG menggigit, anda akan lebih merasa seperti dicubit atau terjepit keras daripada digigit hewan.
Jangan merasa SG ngegigit itu adalah SG yg kurang baik. Karena SG pada dasarnya butuh interaksi manusia, semakin kita dekat & sering ajak mereka bermain maka semakin nyaman mereka di dekat kita & perilaku suka menggigit lambat laun juga akan berkurang.
Kalo anda memelihara SG anda dengan penuh rasa hormat & kasih sayang, maka tidak ada alasan untuknya mengigit anda.
Jangan pernah memotong gigi SG untuk menjadikannya tidak pernah menggigit lagi, karena gigi SG setelah dipotong tidak akan tumbuh lagi, itu akan mengganggu kesehatan SG itu sendiri & bisa mengakibatkan kematian pada SG.


SG adalah hewan nocturnal, jadi jangan heran kalo SG sebenarnya selalu banyak tidur di siang hari karena itu jam tidur mereka. Mungkin saat kita sedang beristirahat pada malam hari, SG akan mulai menunjukkan aktifitasnya. Saat SG anda merasa bosan di dalam kandang, biasanya SG akan mengeluarkan bunyi2 seperti gongongan anak anjing (barking) & tak jarang malah membuat berisik. Oleh karena itu, disarankan untuk mengadopsi sepasang & berilah kandang yang cukup besar, pouch, & ranting2 pada kandangnya supaya mereka tidak merasa kesepian & bisa bermain sendiri melakukan aktivitas mereka seperti di alamnya disaat kita sedang beristirahat & tidak bisa bermain bersama mereka. Selain Barking, SG juga akan membuat suara berisik lainnya seperti Crabing, hal itu biasa dilakukan saat SG merasa terancam.



Menghasilkan keturunan pada SG menurut saya lumayan agak lama. Untuk jantan mencapai usia kematangan pada umur 4-12 bulan, sementara betina umur 8-12bulan. SG biasa kawin 1-3 kali dalam setahun & menghasilkan 1-2 Joey(Sebutan untuk SG anakan) dalam sekali melahirkan. Masa kehamilan kurang lebih 2 minggu. Setelah SG melahirkan, joey akan merangkak ke kantong induk betinanya untuk pengembangan lebih lanjut selama Kurang lebih 2bulan, masa2 joey dikantong induknya biasa disebut IP (In Pouch). 
Setelah kurang lebih 2 bulan IP, joey akan keluar dari kantong induknya. Masa2 itu biasa disebut OOP (Out Of Pouch) & dibutuhkan kurang lebih 1,5-2bulan lagi setelah masa OOP agar SG Joey siap pisah dengan induknya.
Total keselurahan waktu yg dihabiskan untuk sekali masa produksi SG mulai kawin sampai Joey siap pisah, kurang lebih 4 bulan.



Tidak seperti hewan besar, SG tidak makan terlalu banyak & makanan mereka sebenarnya tidak terlalu mahal.
SG sehari2 bisa diberi makanan berupa bubur bayi rasa: pisang, kacang ijo & beras merah. Pemberian bubur diberikan jangan terlalu kental & jangan terlalu cair. Pemberian makan bisa dilakukan minimal 2x sehari, pagi-malam.
Selain itu, SG harus diberi tambahan buah / sayuran SEGAR & makanan berupa SG nutrisi.
SG bisa menjadi sangat bau, tapi hanya apabila anda terlalu sering memberikan mereka serangga hidup & tidak menjaga kebersihan kandangnya.


Intinya, Membonding SG agar dapat di jadikan teman bermain sebenarnya tidaklah sulit, tapi tetap pikirkan lah kembali sebelum anda benar2 siap untuk mengadopsi SG karena anda juga harus memerlukan ketekunan interaksi, waktu, & kesabaran lebih. Semakin anda memberikan perhatian lebih kepada mereka, maka SG anda akan semakin lekat dengan anda.

Komentar

  1. Baru adopt kemarin, crabbing and bitting everywhere.. :D

    BalasHapus
  2. Mau nanya dong...kalo SG mengalami sedikit kerontokan di bagian kepala untuk usia 5-6bulan itu karena apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya saya dulu juga loss hair mas. Dia sering tidur di pipisnya sendiri. Alhamdulillah dikasih minyak kemiri rutin sembuh

      Hapus
    2. Sgnya cewe/cowo mas? Klo cowo terus botaknya dikepala bagian atas itu menandakan menuju dewasa

      Hapus
  3. Tandanya sg jantan dewasa gan

    BalasHapus
  4. mantap gan jadi tertarik pelihara :)

    BalasHapus
  5. Cara jinakan sg dewa gmn ya,, soal'y sy beli usia 9 bln,
    maklum masih pemula

    BalasHapus
  6. tengkyu banget infonya...
    saya berminat pelihara...tapi masih nyari info...
    thanks sekali lagi... (Y)

    BalasHapus
  7. sangat bermanfaat infonya sy ada keinginan melihara tapi masih mendalami bagaimana cara memelihara yg baik

    BalasHapus
  8. Mau nanya kalo plihara sepasang sg itu pas masa blom siap kawin tpi belinya krng lebih sepasangnya 5atau 6 bulan gtu. Itu langsung dijadiin sekandang terus gpp? Atau sebelum masa kawin hrus beda kansang dlu?

    BalasHapus
  9. Bekas cakaran SG di tangan jadi gatal itu bahaya ga sih

    BalasHapus
  10. Mau tanya gan, SG itu kyk hamster kah suka makan bayinya yg sakit. Soalnya pengalaman bayi SG saya hilang satu dan ketemu potongan tubuhnya aja, beberapa hari sebelumnya induknya gak mau nyusuin

    BalasHapus
  11. Misi om mau tanya,sg boleh dibawa nyebrang pulau melalui pelabuhan merak ga ya? Terus prosedurnya gimana biar bisa dibawa sampai kelampung??

    BalasHapus
  12. Misi om mau tanya,sg boleh dibawa nyebrang pulau melalui pelabuhan merak ga ya? Terus prosedurnya gimana biar bisa dibawa sampai kelampung??

    BalasHapus
  13. Mau tanya kalo kan saya punya sg jantan dan betina hasil indukan yang sama kalo di satukan di dalam kandang yang sama apakah ke sgnya bekal setres atau engga bang maaksih.

    BalasHapus
  14. Halo ka kenapa ya klo saya lagi ajak main SG dan di simpen di tangan saya sesudahnya malah gatel2 ya? Jadi bentol gitu?apakah ada kutu apa gimana ya?

    BalasHapus
  15. Mau nanya gan, butuh berapa lama unt menjinakkan SG kalau setiap hari kita berinteraksi dgn dia, SG saya baru berumur 3 bulan, trm ksh gan🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Menghandle, Bermain, dan Melatih Sugar Glider Agar Lebih Bonding.

Tips Menternakkan Sugar Glider