Tips cara mengadopsi atau persiapan memelihara Sugar Glider untuk pemula.


Kebanyakan orang setelah melihat keimutan SG, ingin sekali membeli & memeliharanya.
Berikut saya kasih beberapa tips persiapan sebelum memelihara Sugar Glider untuk pemula

1. Persiapkan kandang.
Diusahakan kandang SG berukuran besar karena SG sangat suka loncat-loncat, Minimal kadang burung slinder atau yg ukuran 60x40x40. Biasanya banyak tersedia di petshop atau pasar burung dikota anda. Bisa juga bikin kandang sendiri memakai kawat ram sesuai kreatifitas anda.
Untuk peletakan kandang: diusahakan diletakkan di tempat yang jauh dari jangkauan predator seperti kucing & tikus rumah, letakkan kandang di tempat yang tidak terlalu bising atau tidak ribut agar SG tidak mudah mengalami stress.
Diruangan ber-AC, kandang harus rutin dibersihkan minimal sekali seminggu & alas kandang dibersihkan setiap hari untuk mencegah bau-bau yang kurang enak menyebar di dalam ruangan.
Contoh kandang slinder.

Contoh kandang ukuran 60x40x40.



2. Persiapkan Pouch atau tempat tidur SG.
Pouch bisa terbuat dari batok kelapa atau dari kain. Bisa beli atau bikin sendiri, tergantung kreatifitas masing-masing. 
Pouch batok & kain punya kerugian & keuntungan masing-masing.
Untuk Batok, keuntungannya SG dapat mudah diambil dari kandang & terlihat jelas dari luar, kerugiannya banyak kasus bulu SG akan berubah menjadi kuning atau coklat disebabkan bekas kotoran yang dibatok menempel ke bulu-bulu SG karena batok tidak bisa menyerap kotoran.
Untuk Kain, Keuntungannya bulu SG jarang berubah menjadi kuning atau coklat dikarenakan pouch berbahan kain lebih mudah menyerap bekas kotoran dari SG, kerugiannya SG lebih sering sembunyi di dalam pouch & pouch harus rutin dicuci minimal 3hari sekali.
Pouch batok


Contoh pouch kain bikinan sendiri



3. Persiapkan tempat makan & minum
Bisa bikin sendiri atau beli tempat makan minum buat Hamster.
Makanan SG untuk peliharaan bisa berupa bubur bayi seperti SUN Rasa Pisang yang dibikin tak terlalu kental & tak terlalu encer, selain itu SG bisa diberi juga buah-buahan seperti apel, pepaya, rambutan, dll.
Minuman SG bisa berupa air yang matang, atau air madu.
Banyak yang bilang kalau SG tidak butuh minum karena makanan yang dimakannya juga mengandung air. Tapi menurut saya, Semua makhluk hidup pasti butuh air untuk diminum tak terkecuali SG, jadi tidak sda salahnya kalau kita sediakan air minum juga.
Pemberian makan bisa dilakukan minimal 2x sehari, pagi & malam. Dengan takaran pemberian malam lebih banyak daripada pagi dikarenakan SG adalah makhluk nokturnal yang selalu aktif pada malam hari. 
Agar SG lebih cepat bonding dengan tuannya, disarankan untuk pemberian makan lebih sering dilakukan secara handfeed atau pemberian makan secara langsung alias disuapin. Caranya colek makanan dengan jari lalu dengan posisi kuku berada dibawah, berikan langsung ke SG, biasanya SG akan menjilat makanan yang sudah kita sungguhkan.





4. Waktu & Komitmen.
Memelihara sugar glider itu membutuhkan komitmen. Adopt sugar glider bukanlah hanya menyediakan makanan dan minuman dalam kandang lantas bisa anda tinggalkan begitu saja.
Lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan adopt sugar glider.
Sugar glider adalah hewan sosial yang membutuhkan teman.
Disarankan untuk pemula lebih baik mengadopsi joey umur 1,5 - 2 bulan & lebih baik mengadopt minimal sepasang.
Tapi apabila keuangan tidak mencukupi atau pas-pasan, adopt 1 ekor juga tak masalah. Asalkan sering mengajak interaksi atau handle sugar glidernya & kalau punya rejeki lebih, lebih baik carikan pasangannya kemudian.
Minimal luangkanlah waktu 1,5-2 jam untuk bermain bersama SG anda tiap hari agar SG anda cepat mengenal anda & tidak menjadi merasa asing dengan manusia.



5. Perkiraan Biaya Perawatan.
Untuk biaya pemeliharaan menurut saya relatif.

a.Harga adopt SG.
SG/ekor CB jinak anakan umur 1,5-2 bulan = 600-800 ribu.
SG/ekor indukan CB jinak umur 5 bulan keatas = 600 ribu-1jt.
SG/ekor indukan WC liar umur 5 bulan keatas = 350-500 ribu.
(untuk jenis grey, lion, atau cinnamonk. Tergantung penjual & kualitas SG masing-masing. Dan ini masih sekitar wilayah Banjarmasin Kalimantan Selatan).

b. Harga kandang = 100-200 ribu. (tergantung ukuran & jenis kandang standar minimal. Masih bisa di minimalisir kalo bikin sendiri).

c. Tempat makan, minum, pouch = 50-100 ribu. (bisa di minimalisir kalau bikin sendiri).

d. Makanan sehari-hari = 6 ribu/minggu untuk 2 ekor (Harga Bubur SUN rasa pisang susu saset ekonomis. Belum termasuk tambahan seperti buah-buahan, jangkrik, ulat hongkong), untuk minuman Gunakan Air matang agar lebih hemat.



6. Tips Memilih SG.
Kalo anda ingin mencari SG, carilah breeder atau peternak SG yang terpercaya di kota anda. Jangan mudah tergiur dengan harga murah & Hati-hati tetap waspada kalau anda mau melakukan transaksi dari luar kota anda. Karena banyak kasus penipuan dilakukan oleh penjual yang tak bertanggung jawab walau ada yang emang sebagian penjual yang jujur. 
Seperti contoh saat kita ingin memesan SG, yg dikirim malah FS (Flying Squirrel) atau tupai terbang, bisa juga tak dikirim sama sekali. Atau saat kita memesan CB, yang dikirim malah WC. Oleh karena itu, cari info sebanyak-banyaknya sebelum anda memutuskan ingin mengadopsi SG.
Disarankan, anda lebih baik datang langsung kerumah breeder atau penjual agar anda dapat langsung melihat sebelum diadopsi. Mintalah kepada penjual perlihatkan gigi SG apakah lengkap atau dipotong, banyak SG yg giginya dipotong dengan tujuan agar terlihat jinak tapi SG yang giginya dipotong kebanyakan sering mengalami Abses sehingga nafsu makannya menghilang, akibatnya SG akan cepat mengalami kematian. Menjinakan SG & semua hewan itu butuh kasih sayang, bukan dengan pemotongan anggota tubuh.
Selain itu perhatikan SG yang ingin diadopsi, SG yg selalu terlihat murung, bulunya terlalu kasar atau bahkan mengalami rontok, kemungkinan SG tersebut mengalami sakit.
Ciri SG yang berkualitas sehat bulunya terasa halus & lembut dari kepala sampai ekor, hidung & kaki-kakinya berwarna merah muda, bermata cerah, aktif, tak terlalu proteck bahkan sudah terbiasa dengan manusia, umur SG minimal 1,5 bulan sejak keluar kantong induknya & minimal sudah lebih dari 2 minggu bisa makan sendiri (untuk mentestnya bisa dilakukan dengan cara lihat saat dia makan atau dengan cara handfeed).
SG yang sudah berumur 1,5 bulan & siap diadopsi.


SG yang masih belum layak di adopsi karena belum buka mata & masih bergantung dengan induknya.








Komentar

  1. apakah boleh SG umur !,5 bulan di tempatkan di ruang ber AC? (di dalam kandang pastinya)

    BalasHapus
  2. peternak sg d bjm dmn ya bang? mau coba pelihara sg nih

    BalasHapus
  3. Maaf sebelumnya, pelihara SG jgn coba2 om.

    BalasHapus
  4. trimakasih gan sudah berbagi ilmu sangat bermanfaat sekali
    thank's buat artikelnya,,

    BalasHapus
  5. Dapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Bermain Poker Online di www,SmsQQ,com

    Keunggulan dari smsqq adalah
    *Permainan 100% Fair Player vs Player - Terbukti!!!
    *Proses Depo dan WD hanya 1-3 Menit Jika Bank Tidak Gangguan
    *Minimal Deposit Hanya Rp 10.000
    *Bonus Setiap Hari Dibagikan
    *Bonus Turn Over 0,3% + 0,2%
    *Bonus referral 10% + 10%
    *Dilayani Customer Service yang Ramah dan Sopan 24 Jam NONSTOP
    *Berkerja sama dengan 4 bank lokal antara lain : ( BCA-MANDIRI-BNI-BRI )

    Jenis Permainan yang Disediakan ada 8 jenis :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar 66

    Untuk Info Lebih Lanjut Dapat menghubungi Kami Di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Cara Menghandle, Bermain, dan Melatih Sugar Glider Agar Lebih Bonding.

Tips Menternakkan Sugar Glider

Resiko Memelihara Sugar Glider untuk Pemula.